DKM Al Ikhlas

August 4, 2007

Adab Masuk Masjid

Filed under: Dakwah — jumat @ 8:29 am

Pakailah pakaianmu yang baik ketika kamu mendatangi masjid untuk melaksanakan sholat, juga pakailah wangi-wangian yang bebas dari alcohol.
Tidaklah pantas kalau kita memakai pakaian kotor, sobek ataupun pakaian yang bau lainnya yang kurang sedap pada saat kita akan melakukan sholat.
Barang siapa wudlu ( dirumah) dengan niat akan melaksanakan sholat, kemudian ia jalan menuju ke masjid berangkat dari rumahnya kemudian dia melaksanakan sholat berjamaah di masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.
Kalau disuatu tempat tidak ada masjid,misalnya masjid yang ada terkena bencana musibah gempa sehingga rusak, maka lakukanlah sholat berjamaah tersebut dihalaman masjid atau tempat tempat tertentu yang dapat digunakan untuk sholat secara berjamaah.

Adab Mendatangi masjid :

1. Nabi melarang memakan bawang merah, bawang putih, bawang Bombay ( mungkin kalau di Indonesia termasuk Pete atau jengkol) yang mentah karena menyisakan bau yang menyengat dan kurang sedap sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu kekhusukan jamaah lainnya. Barang siapa makan makanan tersebut sebaiknya ia menjauhi masjid dan melakukan sholat di rumah, oleh karena itu kalau memang senang dengan makanan tersebut maka sebaiknya dimakan setelah selesai melaksanakan sholat . Diriwayatkan para malaikatpun juga terganggu dengan bau makanan tersebut .

2. Dianjurkan untuk lebih awal atau besegera ke masjid apabila sudah dikumandangkan adzan . “ Andaikata manusia tahu pahala orang yang datang pada awal sholat dan kemudian sholat di shaf paling depan ( pertama )maka niscaya mereka akan saling berebut untuk mendapatkannya, bahkan kalau jamahnya sangat banyak bisa kemungkinan shaf pertama tersebut akan diundi. Dan Andaikata mereka tahu pahala melakukan sholat isha’ dan solat subuh secara berjamaah niscaya mereka akan melakukannya walaupun dengan jalan merangkak

3. Tidak menggunakan wangi-wangian yang mengandung Alkohol, karena alcohol termasuk bahan baku khomar, dimana khomar adalah hukumnya najis, jadi wangi-wangian yang mengandung alcohol hukumnya menjadi haram.

4. Sakinah,tenang di masjid, apabila kita terlambat datang di masjid, padahal sudah terdengar iqamah atau sudah mulai sholat ( masbuk), maka sebaiknya kita tetap jalan dengan tenang , karena pahala tiap langkah tetap akan diperhitungkannya.Suatu hari tatkala sudah mulai sholat , nabi mendengar suara gaduh kemudian setelah selesai sholat nabi bertanya kenapa ?rupanya para jamah yang datang terlambat tersebut pada berlarian karena mereka takut kehilangan rokaat pertamanya, kemudian nabi bersabda : tetaplah kalian berjalan dengan penuh sakinah (tenang) kemudian lengkapilah kekurangannya.

Pertanyaan – pertanyaan:
1. Bagaimana dengan orang yang tidak suka memakai wangi-wangian padahal sebetulnya dia itu mempunyai bau keringat yang menyengat ? Memang hal seperti itu sering terjadi maka alangkah bijaksananya kita kalau kita membawa wangi-wangian yang kita oleskan sedikt di wajah dan dekat hidung kita sehingga kita tidak terganggu, atau bisa juga kita tawarkan kepada orang tersebut untuk diolesi wangi-wangian tersebut di baju atau ditangannya sehingga pada saat sholat kita tidak terganggu oleh bau tersebut atau minimal berkurang sehingga sholat kita tidak terganggu dan bisa khusuk.
2.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: