DKM Al Ikhlas

August 4, 2007

Adab Membaca Al Qur’an

Filed under: Pendidikan — jumat @ 8:43 am

82. Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran? kalau kiranya Al Quran itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya.
24. Maka Apakah mereka tidak memperhatikan Al Quran ataukah hati mereka terkunci?
4. Atau lebih dari seperdua itu. dan bacalah Al Quran itu dengan perlahan-lahan.

Ayat-ayat tersebut memerintahkan kepada kita untuk tidak hanya sekedar membaca tetapi juga merenung, dan menghayati dengan penuh ketenangan dan kekhusukan. “ Orang terbaik diantara kamu ialah yang mempelajari atau mengajarkan Al-Quran.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membaca Al-Quran :
1. Berusaha untuk menjadikan bacaan kita ikhlas hanya karena Allah semata, mendekatkan diri kepada Allah melalui membaca Al-Quran. Membaca dengan tulus ikhlas mencari ridho Allah semata tidak mencari keuntungan duniawi semata. Imam Muslim “ aku mendengar rosullullah bersabda : orang pertama yang dihisab oleh Allah adalah orang yang mati sahid kemudian dihadapkan kepada Allah SWT dan diberitahu nikmat-nikmatnya,lalu Allah , lalu Allah bertanya : bagaimana kamu munggunakan nikmat-nikmat ku ? maka dia berkata aku melakukan dengan perang, kamu bohong kamu hanya untuk mendapatkan kepahlawanan, kemudian mukanya dihadapkan ke neraka.kemudian dia berkata mengajarkan Al-Quran : menuntut ilmu untuk mencari keridhoan Allah semata, kamu bohong karena kamu membaca al-quran supaya dipuji oleh orang ,lalu dimasukkannya orang tersebut kedalam neraka.Banyak sekarang qori’ yang menjadikan hafalan /membaca Al-Quran sebagai penghidupan mencari nafkah duniawi saja.
2. Mendalami makna Al-Quran artinya apa yang diperintahkan dilaksanakan dan menjauhi semua yang dilarang, juga melaksanakan dan mengerjakan apa-apa yang halal dan menjauhi semua yang diharamkan.
3. Membaca Al-Quran secara rutinitas harian dan dihafalkan , kalau jarang dibaca maka hafalan tersebut akan hilang oleh karena itu dengan sering membaca maka hafalan akan lancar dan sangat membantu daya ingat kita,nabi membandingkan menghafal al-quran tersebut bagaikan memegang tali kendali unta, kalau kita kendalikan terus maka unta tersebut akan berjalan sesuai dengan keinginan kita tetapi apabila kendali tersebut dibiarkan saja maka unta tersebut bisa hilang arah.Imam Ali : Sering aku lupakan ayat-ayat yang sudah hafal lalu apa yang harus dilakukan ? Bacalah al-quran secara rutin karena melalui bacaan secara rutin maka hafalan kita akan kuat dan usahakan agar kita sering menhatamkan al-quran .Metode yang paling baik ialah al-quran di setel pada saat kita tidur karena sesungguhnya pada saat semua anggauta badan tidur, maka hanya telinga saja yang terjaga dan bacaan tadi bisa langsung ditransfer ke otak.
4. Membaca sambil tadabur , menghayati , menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari, surah ……………afala tatadabbaruuna. Wajib tadabbur mengambil banyak pelajaran dan hokum-hukum dan semua ini diperintahkan tak hanya membaca tetapi dengan tadabbur, kebiasaan ini dilakukan oleh para sahabat dengan menghatamkan al-quran dalam waktu antara 3, 7 atau 10 hari sampai 14 hari..Setiap surat yang sudah hafal baca dalam sholat secara berulang-ulang ,mintalah kepada istri,kawan untuk menyimak hafalan kita , kalau dalam mobil putarlah ayat-ayat al-quran , kita harus juga selalu berdo’a : Aku berlindung kepada Mu dari sikap kelemahan dan kemalasan dan dari rasa takut dan sikap yang kikir.
5. Adab-adab lainnya ialah bahwa al-quran boleh dibaca sambil berdiri, jalan, atau tiduran surah ali imron ayat………tentang tadabbur.. Rosullullah kadang kadang membaca al-quran pada saat menunggangi kendaraan, pada saat fatkhul makkah beliau membaca surat al-fath sambil menunggangi unta sambil menghancurkan patung berhala oleh karena itu kita juga boleh membaca ala-quran pada saat berkendaraan misalnya di angkutan umum atau kendaraan pribadi.Membaca al-quran boleh walaupun kita sedang hadast kecil, yang tidak boleh adalah kita membaca al-quran dalam keadaan junub.Kebiasaan rosul apabila sudah masuk tengah malam pertama yang dilakukan adalah mengusap wajahnya dengan tangannya kemudian beliau berdzikir 10 terakhir ayat surat ali imron.Mana yang lebih afdol membaca hafalan yang sudah hafal atau membaca dengan mushaf, Ibnu Jawzi : alangkah baiknya dibaca dari mushaf tiap hari
6. Membaca secara langsung dengan memperhatikan huruf-hurufnya maka syaraf mata akan lebih tenang dan jeli, jadi membaca al-quran bisa menjadi obat ,kalau kita lihat orang-orang jaman dahulu jarang memakai kaca mata karena mereka sering membaca mushaf al-quran.

Pertanyaan-pertanyaan.
1. Bagaimana kalaukita membawa HP yang didalamnya ada ayat-ayat al-quran ke kamar mandi atau toilet ?. HP harus dimatikan karena ayat-ayat yang ada di HP yang berupa data tidak akan muncul dan HP bukan termasuk mushaf.sehingga tidak masalah kalau kita menggunakan HP padahal kita dalamkeaadaan junub, tetapi alangkah baiknya apabila kita ke toilet , ahp tersebut jangan kita bawa.

1 Comment »

  1. mohon ijin untuk mengutip artikel yang anda muat, ini untuk saya sebarkan dengan refensi aslinya.
    semoga misi ini juga bisa disebut sbg dakwah.
    insya allah……

    Comment by yanuar — August 18, 2007 @ 1:26 pm | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: